Wayne Rooney Permalukan Chelsea, Manchester United Curi Gol Tandang

Van der Sar melakukan sejumlah penyelamatan gemilang, terutama tendangan keras Drogba dan sundulan berbahaya Torres.


Wayne Rooney - Manchester United & Jose Bosingwa - Chelsea (Getty Images)
Wayne Rooney - Manchester United & Jose Bosingwa - Chelsea (Getty Images)
Manchester United sukses mempermalukan tuan rumah Chelsea 1-0 dalam pertandingan leg pertama babak perempat-final Liga Champions yang berlangsung di Stamford Bridge, Kamis (7/4) dinihari WIB. Gol tunggal The Red Devils dicetak sang bintang, Wayne Rooney.
Berkat gol tandang ini, United sudah menjejakkan satu kakinya di babak semi-final karena mereka mengontongi keuntungan untuk menjalani leg kedua yang akan berlangsung di Old Trafford pekan depan.
Ada sebuah catatan fantastis yang ditorehkan United berkat kemenangan di markas Chelsea ini. United mampu meruntuhkan angkernya Stamford Bridge selama sembilan tahun, tepatnya selama Chelsea dimiliki pengusaha asal Rusia Roman Abramovich. Ini merupakan kemenangan pertama United di kandang Chelsea setelah sembilan tahun hanya mampu meraih hasil imbang dan sering menelan kekalahan di sana.
Jalannya Pertandingan
<script type="text/javascript" src="http://ad.doubleclick.net/adj/gna.id/level2;tile=2;sz=160x600;ord=459396?area=2l&pos=2&ord=459396"></script> The Blues sebenarnya menguasai permainan sepanjang pertandingan terbukti dengan penguasaan bola sebesar 61:39. Namun, kesigapan pertahanan tim tamu membuat barisan penyerang Chelsea gagal menceploskan bola ke gawang lawan.

Striker baru Chelsea yang hingga kini masih mandul, Fernando Torres, memiliki peluang pada menit keenam. Namun sayang, tendangannya dari dalam kotak penalti masih mengarah tepat kepada kiper United yang dikawal Edwin van der Sar.

Empat menit berselang giliran United yang sempat mengancam melalui pergerakan striker Javier "Chicharito" Hernandez. Namun sayang, sundulan pemain asal Meksiko itu sempat mengenai salah satu pemain bertahan Chelsea dan bola kemudian mampu ditangkap dengan baik oleh kiper Petr Cech.

Pada menit ke-15, gelandang Park Ji-Sung melepaskan sebuah tendangan ke arah gawang dari luar kotak penalti, namun bola justru membentur badan Didier Droga. Tendangan sudut untuk United didapat.

Tiga menit kemudian, gelandang Chelsea Jose Bosingwa melakukan pergerakan di sisi kiri pertahanan United dengan melepaskan sebuah tendangan yang masih melambung di atas mistar. Beberapa detik kemudian, Drogba memiliki peluang emas mencetak gol lewat tendangan keras, namun sayang van der Sar dengan sigap melakukan penyelamatan gemilang.

Gol yang ditunggu-tunggu akhirnya datang pada menit ke-24 lewat kerjasama apik antara Michael Carrick dan Ryan Giggs yang mampu dituntaskan dengan sempurna oleh Rooney. Berawal dari kecerdikan Carrick yang melepaskan umpan manis ke arah Giggs di sisi kanan pertahanan Chelsea, gelandang senior asal Wales itu kemudian melakukan pergerakan dengan menusuk kotak penalti lawan dan melepaskan umpan cantik ke arah Rooney. Tanpa cacat, striker yang sedang menjadi pembicaraan akibat tindakannya dengan mengucapkan kata-kata tidak sopan di depan kamera televisi usai merayakan gol ke gawang West Ham akhir pekan lalu itu mampu melepaskan tendangan ke arah sudut kiri gawang, tanpa bisa dihalau Cech.

Tertinggal, Chelsea berusaha mengejar gol penyama kedudukan. Pada menit ke-30, Torres melakukan tendangan salto, namun tidak mengarah jelas ke gawang. Semenit berselang, Bosingwa kembali melepaskan tendangan ke arah gawang, namun masih bisa dihalau bek Rafael da Silva.

Pada menit ke-34, Torres tampak sudah siap menyambut umpan di sisi kiri pertahanan United, namun Nemanja Vidic mampu mengantisipasi ancaman itu. Torres tampak terjatuh sehingga membuat sejumlah pemain United tampak emosional, termasuk Rio Ferdinand yang dengan segera meminta striker asal Spanyol itu untuk berdiri.

Satu menit jelang pertandingan babak pertama akan berakhir, Rooney memiliki sebuah kesempatan menggandakan keunggulan. Namun, tendangan sang striker usai menerima umpan Chicharito tepat berada di dekapan Cech.

Chelsea nyaris saja menutup babak pertama dengan hasil imbang setelah tendangan Drogba mampu ditips oleh van der Sar dan kemudian membentur mistar gawang. Frank Lampard mampu mengarahkan bola ke gawang yang sudah kosong, namun dengan sigap Patrice Evra melakukan sapuan gemilang. Gawang United tetap perawan...

Di awal babak kedua, Chelsea langsung melakukan inisiatif serangan. Pada menit ke-56, Drogba melepaskan tendangan salto terukur ke arah gawang usai menyambut umpan tendangan sudut Lampard. Namun sayang, bola masih menyamping di sisi kiri gawang van der Sar.

Delapan menit berselang, Drogba memberikan ancaman melalui sisi kiri pertahanan United. Setelah mampu melewati hadangan Evra, Drogba gagal melewati Vidic yang dengan sigap langsung mengisi pos yang ditinggalkan rekannya itu.

Pada menit ke-69, gelandang Michael Essien melepaskan sebuah tendangan keras ke arah gawang usai memanfaatkan bola sapuan Vidic, namun tendangan tersebut masih menyamping di sisi gawang van der Sar.

Empat menit kemudian, van der sar kembali melakukan penyelamatan gemilang dengan menghalau bola sundulan matang Torres dari jarak dekat.

Pada menit ke-84, Branislav Ivanovic melakukan sebuah pergerakan dengan melewati Evra dan kemudian melepaskan umpan berbahaya ke arah gawang. Namun, bola mampu ditangkap oleh van der Sar. Beberapa detik kemudian, giliran Nicolas Anelka, striker yang menggantikan Drogba pada menit ke-70, yang membahayakan gawang United. Namun, tendangan pemain asal Prancis itu masih bisa diamankan van der Sar.

Saat pertandingan sudah memasuki masa tambahan waktu, Ramires mendapat sebuah peluang emas di depan gawang. Namun, pergerakannya bisa diatasi Evra. Meski Ramires terlihat terjatuh akibat hadangan itu, namun wasit tidak menganggap apa yang dilakukan Eva sebagai sebuah pelanggaran.

Torres mendapat kartu kuning karena dianggap melakukan diving di dalam kotak penalti United. Dalam tayangan ulang televisi, terlihat hadangan yang dilakukan Antonio Valencia terhadap Torres memang bukan sebuah pelanggaran. Insiden ini menandai berakhirnya pertandingan untuk kemenangan Setan Merah.

Kemenangan ini menjadi modal berharga buat pasukan Sir Alex Ferguson untuk menatap pertandingan leg kedua pada pekan depan.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar